Berakhlak Mulia, Santri Cendekia

Minggu, 08 Oktober 2017

Pelatihan Baca Kitab Cepat Metode al-Ghayah

Sabtu, 7 Oktober 2017, PD Pontren Kemenag Kota Malang bertempat di AULA Kemenag Kota Malang menghadirkan Kyai Abdurrahman dari Probolinggo untuk memperkenalkan cara cepat baca kitab metode Al Ghayah bagi para Ustadz Madin dan Pesantren sebagai bagian dari upaya pengembangan pembinaan dan menambah wacana cara baca kitab.

Metode ini telah berhasil diuji cobakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Malang 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Malang. Acara yang dikemas bersamaan dengan pembinaan peserta Musabaqah Qiroatul Kutub ini diselenggarakan untuk memberi wacana lebih kepada para pengajar dan pendidik madrasah diniyah dan pesantren bagaimana mendidik santri bisa membaca kitab secara cepat.

Dalam kesempatan ini, dihadirkan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Gondanglegi Malang yang baru dilatih selama 20 hari. Peserta diperkenankan menanyakan cara bacaan atau tarkib maupun nahwu sharaf dari kitab yang dibacakan. 

Acara pembinaan guru madin dan pesantren ini diadakan untuk mencari solusi cepat bagaimana siswa/santri mampu mempelajari khazanah ilmu pesantren yang dikarang oleh para ulama terdahulu. Cara cepat ini penting dilakukan mengingat titik tekan orang tua murid pada masa sekarang ini lebih pada pendidikan umum dan menganggap belajar agama terlalu sulit dan  mengganggu.

Menutup acara ini, Kasi PD Pontren Kemenag Kota Malang berharap tambahan wawasan mengenai cara membaca kitab cepat ini dapat bermanfaat dan menumbuhkan semangat berinovasi para guru dalam mencari metode yang paling mudah dipahami peserta didik. 


0 komentar:

Posting Komentar